Kamis, 23 Februari 2017

Jelajah Air Terjun Pletuk, Ponorogo

Novarisma Dee,  Mau merencanakan jalan-jalan di seputar Ponorogo? atau memang rumahnya di Ponorogo? Okaay guys, kali ini saya akan mencoba mereview jelajah Ponorogo, yaitu jelajah air terjun Pletuk, yang tepatnya di Kecamatan Sooko.

Menuju air terjun Pletuk, dapat dibilang menantang nyali berkendaraan (Jelajah pada 12/12/2016). 
  • Dari pusat kota Ponorogo, kita menuju arah 'Jeruk Sing' ke timur menuju 'Pulung'. Tepat di Polsek Pulung belok ke kanan, disini kondisi jalan cukup menantang, karena tidak ada traffic light dan dekat dengan pusat keramaian, seperti pertokoan dan pasar, jadi disarankan untuk lebih berhati-hati.
  • Setelah belok kanan, ikuti arah jalan. Kondisi jalan kadang padat di hari dan jam tertentu karena melewati Pasar Hewan Pulung.
  • Tetap ikuti jalan menuju Kecamatan Sooko. Kondisi jalan mulus dan berkelok. Cukup hati-hati jika berpapasan dengan kendaraan lain. Karena kondisi jalan yang cukup dilewati dua mobil berpapasan. Sehingga, untuk menyalip lihat kondisi jalan.
  • Kecamatan Sooko akan terlihat dengan perkantoran kecamatan dan pertokoan. Dari perempatan Sooko, ambil arah lurus ke timur, sedikit pelan dan lihat petunjuk wisata 'Air Terjun Pletuk'. Dari perempatan tersebut, kita akan diarahkan untuk belok kiri di pertigaan pertama.
  • Ikuti petunjuk wisata yang tertulis di papan kayu. Karena jalan desa dan sempit, diharapkan lebih berhati-hati.
  • Sekitar 500 meter sebelum lokasi parkir air terjun, terdapat jalan yang menantang, yaitu memiliki kemiringan yang terjal hampir 80 derajat. Jalan sudah tertata rapi dengan cor semen dua sisi, namun pengendara tetap harus berhati-hati, karena kadang ada pejalan yang memenuhi bahu jalan, bersimpangan dengan kendaraan lain, atau kondisi jalan yang licin. Pastikan rem berfungsi dengan baik.
  • Setelah sampai di gerbang wisata, kita diarahkan untuk memarkirkan kendaraan dan berjalan kaki menuju air terjun. Kondisi jalan yang licin juga cukup diwaspadai.
  • Wisata ini tidak dipungut biaya dan juga tidak ada biaya parkir, atau gratis.
  • Terdapat satu warung yang menjual minuman dan makanan ringan atau mie instan yang dapat dinikmati di sekitaran parkir kendaraan.
  • Jarak tempuh menggunakan motor dari pusat kota menuju air terjun Pletuk menempuh waktu kurang lebih 1 jam dengan kecepatan 50-70 km/jam.
Lokasi wisata ini dapat dibilang masih sepi pengunjung. Mata akan terpuaskan dengan pemandangan alam yang asri dan menyejukkan. Menantang memang, tapi seru dan puas. Penduduk sekitar sangat ramah, jalan sudah sangat mendukung dibandingkan tahun 2012 silam. Tertantang, ayok dolan.....!!

Dokumentasi Air Terjun Pletuk dan Sekitarnya







0 komentar:

Posting Komentar