Sabtu, 31 Oktober 2015

Dua Tempat ini Bisa Menjadi Referensi Mencari Batik di Yogyakarta


Novarisma Dee - Indonesia memiliki warisan budaya yang patut kita banggakan dan kita lestarikan dan salah satunya adalah Batik. Hampir di setiap daerah memiliki ciri khas Batik, baik dari segi seni motif maupun warna kain Batik. Hari itu (11/10) saya berjalan menuju kawasan Malioboro, Yogyakarta untuk mensurvey kain Batik, destinasi pertama di Pasar Beringharjo. Pasar ini terletak di sisi kiri jalan dan tidak jauh dari kawasan wisata Benteng Vredeburg Yogyakarta. Selanjutnya saya juga banyak menghabiskan waktu di Mirota Batik yang terletak di seberang Pasar Beringharjo.

1. Pasar Beringharjo

Pasar ini merupakan pasar tradisional tersohor di Yogyakarta dan sudah barang tentu pasar ini ramai oleh pengunjung, karena terletak di kawasan perbelanjaan Malioboro dan juga terletak di titik Km 0 Kota Yogyakarta. Saya tidak memiliki waktu yang cukup lama untuk berjalan, karena waktu sudah menunjukkan pukul 15.30 WIB dan pasar ini tutup pukul 17.30 WIB, belum lagi harus teliti dan cermat menuntaskan misi mencari kain Batik. Memang susah ya kalau belanja untuk keperluan penting, serba bingung memilih, apalagi disuguhi pilihan Batik yang beragam. Ini cukup membuat pusing dan akhirnya hanya berlenggang menyusuri jalanan pasar, karena apa yang kita cari belum ada yang klik di hati. Jika pun sudah klik kadang isi dompet belum bersahabat, jadi harus dipikirkan nilai guna dan nilai tukarnya yaa. Untuk memilih batik di Pasar Beringharjo ini kalian harus pandai menawar, karena sistem penjualan masih menggunakan sistem pasar yang penjual dan pembeli harus bernegosiasi harga.Segala macam produk batik terletak di lantai 1 Pasar Beringharjo, jadi dengan puas kalian dapat memilih keragaman batik. Dan akhir kata, saya yang ditemani sahabat seperjuangan dan sahabat kecil saya beralih ke toko seberang, yang juga dibanjiri pengunjung, yaa Mirota Batik. 
Koleksi Batik Pasar Beringharjo, YK

 
Foto : Doc. Pribadi | Pasar Beringharjo dari Depan

Foto : Doc. Pribadi | Pasar Beringharjo Lt. 1

 Foto: Doc. Pribadi | Koleksi Batik Pasar Beringharjo

 Foto: Doc. Pribadi | Koleksi Batik Pasar Beringharjo

 Foto: Doc. Pribadi | Koleksi Batik Pasar Beringharjo


2. Mirota Batik

Mirota Batik merupakan salah satu Toko Batik yang melegenda di Yogyakarta. Kualitas kain Batik dan aksen lainnya di toko ini sudah banyak diakui semua pihak, baik pembeli dalam negeri maupun pembeli mancanegara. Kualitas batik disini merupakan kualitas yang bagus, jika dibandingkan dengan Pasar Beringharjo, tempat ini sudah memiliki harga yang tidak dapat dinegosiasi. Selain itu, koleksi di Mirota Batik lebih homogen dengan nuansa batik yang modern ataupun klasik yang mewah ataupun stylish. Mungkin dua tempat ini dapat dijadikan rekomendasi dan rujukan para pelancong untuk mendapatkan kain Batik berkualitas dan harga yang relatif, serta koleksi batik yang beragam.

Koleksi Batik di Mirota Batik, Malioboro YK

  
 Foto: Doc. Pribadi | Koleksi Batik di Mirota Batik
 Foto: Doc. Pribadi | Eksklusif Kain Batik Tulis Solo

 Foto: Doc. Pribadi | Koleksi Batik dan Ornamen Klasik

 Foto: Doc. Pribadi | Koleksi Batik di Mirota Batik





0 komentar:

Posting Komentar